Selasa, 27 April 2010

Bukan Cerpenis Biasa

Ketika menulis untuk postingan kali ini, gw sebenernya agak2 sedikit nervous. Tanda2nya jelas terlihat: sewaktu memencet keyboard tangan terkadang gemetar dan berkeringat dingin padahal kamar pake AC. Kerung2 di wajah gw juga semakin banyak, menandakan bahwa Sang Penulis, yaitu gw, sedang berkonsentrasi penuh untuk mengeluarkan segala kejeniusannya yang dimiliki. Juga entah kenapa tiba2 gw dilanda perasaan pengen BAB tiap 10 menit sekali. Ok, yang terakhir gw akui terjadi karena kemaren makan pecel ayam terlalu pedes sambelnya. So, kenapa Jeng Soes ko nulis buat postingan di blog pake acara nervous segala? Dulu ajah pas akad nikah ga segitu2nya deh [hehehe justru waktu malem pertama bo yang gw nervous banget, takut keselo. Sensor!!!!]? Ya ya ya, soalnya ekye lagi ikutan lomba menulis untuk pertama kalinya setelah jadi emak2, dan tulisan ini nantinya akan dinilai. Gimana kaga dag-dig-dug, wong terakhir bikin tulisan, dikasih penilaian sama juri, sekitar 6 taun yang lalu, yaitu saat PIMNAS [kalo ikutan lomba yang pemenangnya bisa langsung ketauan tanpa nilai seh baru 3 taun yang lalu gw jabanin waktu di Kaltim, tepatnya pas acara 17 Agustus-an di kantor, lomba makan kerupuk].

Well, Temans pasti bertanya2 lomba seperti apakah yang gw ikuti. Hayo deh ngaku kalo emang penasaran?! Jadi, perlombaan kali ini diadakan oleh Mba Fanny Fredlina, Sang Cerpenis, empunya blog just-fatamorgana.blogspot.com, menyambut postingan yang ke-1000. Bayangin bo, seceng postingan! Gw, sebagai pemula dalam dunia blog, yang postingannya baru 40-an, awalnya minder banget opo iya bisa bikin tulisan yang okeh dan edun surudut. Tapi karena gw merupakan makhluk manis dengan rasa percaya diri berlebih akibat penggunaan Rexona yang over dosis, maka gw putuskan untuk maju terus pantang mundur. Toh yang namanya mencoba kan kaga bayar. So, nothing to lose ajah deh penonton. Menang syukur, ga menang ora popo [tapi teteup dunks Mba ekye dikasih buku sebagai kado ultah, hihihi maksa!].

Asal muasal perkenalan gw dengan Mba Fanny adalah saat blogwalking ke blognya Mas Reza (Alrezzamitariq). Ada satu nama yang bikin gw bernafsu [tanpa birahi] untuk berkenalan dengan komentator yang bernama Sang Cerpenis. Kenapa gw pengen berkenalan? Pertama, dari jaman dulu, SMP tepatnya, gw hobi banget bikin cerpen, puisi, naskah teater [gini2 emaknya Zahia ketua klub teater di Fakultas loh waktu kuliah], sinopsis buku ato film, dan segala sesuatu yang berbau2 tulis-menulis, kecuali nulis2in tembok sekolah dengan kalimat norak tujuh keliling: “Susan love Anu” ato “Salam buat Kaka Kelas 3 yang ganteng dan berkacamata”. Sayangnya, aktivitas menulis saat ini udah jarang banget gw lakukan karena yang namanya emak2 punya toddler pasti lebih sibuk di dapur bikin makanan anak, main sama anak, nonton Barney sama anak, nenenin anak, dll. Pokonya semua dengan anak kecuali boker dan mandi. Jujur, seringkali gw merindukan dunia itu, sehingga terkadang gw butuh untuk “menyegarkan otak’. Caranya yah berkenalan dengan orang2 yang masih, pernah, ato sedang eksis disitu. Kedua, gw penasaran ingin liat gimana isi blog Sang Cerpenis, yang sepertinya orangnya sangat friendly. Kesimpulan ini diperoleh karena saat wara-wiri berkunjung dari blog satu ke blog lain, gw ngeliat Mba Fanny aktif sekali berkunjung dan berkomen, pada banyak blog, tanpa pandang bulu ketiak ato bulu kaki, apakah pemilik blog itu cowo ato cewe, apakah Bapak2 ato Ibu2 ato remaja ato udah Nenek / Kakek, semuanya ditandangin . Maka di taun 2010, tapi sori banget gw lupa tanggal dan bulannya, gw melakukan kunjungan perdana pada blog Jeng Fanny. Semenjak itu gw pasti berkunjung setiap Beliau memiliki postingan baru, yang biasanya mah bisa kaya orang minum obat, sehari 1-3x posting.

Latar belakang hitam sebagai background menurut gw merupakan pemilihan yang tepat, karena tampilan blognya menjadi elegan. Ditambah dengan header berupa keyboard ¼ bagian bawahnya saja, mouse, bulpen, dan kertas yang di-klip, sangat sesuai dengan citra diri Beliau sebagai seorang penulis, Lalu bagaimana dengan tulisannya? Isinya sederhana saja, tapi pesennya ada dan ‘kena’ kepada orang yang baca, dan itu yang penting menurut gw. Dari postingan2 yang pernah gw baca, isinya bermacam2: ada curhatan pribadi, misalnya saat membeli lemari besi baru untuk nyimpen file2 klien, tapi terjadi misunderstanding pada saat barang datang karena tu lemari diantar tanpa notifikasi sebelumnya; ada juga tulisan tentang indahnya persahabatan, seperti kesedihan Mba Fanny plus rasa bangga pada seorang sohibnya yang mo berangkat ke LN; banyak pula goresan2 cinta mengenai keluarga, dan gw sangat tersentuh dengan tulisan Mba Fanny mengenai Nyokapnya, yang meskipun ga sekolah tinggi tapi sukses membesarkan anak2 Beliau sehingga ‘jadi orang’ semuanya [lha emang sebelumnya apa, San??]; terselip pula2 homor2 ringan nan gayus; awards2 yang diperoleh sebagai tanda perhatian dari teman2 blogger [thanks yah Mba udah ngasih 3 awards ke gw]; renungan2 dengan pesan moral yang dalam, terutama mengenai Tuhan dan sesama manusia; serta cerpen2 made in Mba Fanny yang beberapa dari cerpen tersebut sudah diterbitkan di majalah. Meskipun mohon maap gw ga pernah beli majalahnya soale di Miri ga pernah nemu tabloid Gaul, salah satunya yang pernah mempublikasikan cerpen Mbakyu.

Kreatip, pake ‘P’ bukan pake ‘F’. Itulah kesan gw saat mendengar bahwa Mba Fanny mengadakan beberapa lomba untuk menyambut postingan ke-1000-nya. Meskipun ada ajah yang menganggap Beliau melakukan hal tersebut untuk menaikkan PR dan merampingkan Mbakyu Alexa [kalo boleh jujur gw neh gapteks pisan, jadi kaga paham dengan PR dan Alexa, cuma sering liat ajah di beberapa blog], tapi gw tidak melihatnya seperti itu. Yang namanya meluapkan kegembiraan kan tindakannya bisa beraneka ragam. Bisa ajah kalo postingan gw udah 275 biji gw akan membuat lomba mewarnai, dan menghibahkan poto2 gw dan Zahia ukuran poster bagi para pemenangnya [dijamin pasti orang yang menang pasti hepi berat dapet alat buat nakut2in tikus di rumah]. So Jeng Fanny, biarlah kambing mengembik, ayam ber-kukuruyuk, burung bercicit, dan anjing menyalak, karena itu hak mereka. Tetap lanjutkan perjuanganmu, ekye bangga dengan apa yang dirimyu lakukan.

Apa jadinya jika seorang penggemar strawberi ketemu dengan maniak duren, yang ga begitu suka dengan strawberi, karena rasa asamnya yang menggigit? Yah jadinya seperti kami. Gw, walopun belum pernah berjabat tangan, bertatap muka, dan ngobrol langsung dengan Beliau sambil minum milk shake strawberi dan makan roti bakar, langsung ngerasa nyambung ajah kalo lagi berbalas pantun via komen di blog. Yah moga2 ajah kalo pas gw mudix ke Jakarta bisa KopDar sambil ditraktir oleh Sang Cerpenis bin Notaris bin Bloggeris, di Bakmi Gajah Mada, ato Hoka2 Bento [tempat lain juga gpp ko Mba, ini kan hanya sekedar saran, soalnya dah lama juga gw kaga makan tu bakmi dan HokBen hehehe].

Akhirul kata, beli batik di Mangga Dua, Susan cantik Bang Zul yang punya. Hihihi, mangap yah, salah sambung pantunnya! Begini yang betul: beli batik di Mangga Dua, sekian dulu review blognya. Ocre lah kalo begitu. Gw ngantuks bo, soale dari bangun jam 5 pagi kaga tidur lagi. Maklum ART dah resign, jadi yah gotong-royong sama Nyokap deh ngerjain segala pekerjaan rumah tangga. Gudnite Temans, have a nice dream yah. Oya buat Mba Fanny, ini ada kado dari gw, untuk postingan ke-1000 nya.

Sang Penulis bercerita.....
Dengan kalimat2 penuh makna.....
Tentang segalanya, kepada dunia.....
Jika kau terlena dibuatnya, jangan salahkan dia.....!
Karena kata serta bait adalah kekuatannya.....
Maka sudah jelas bahwa merekalah pelakunya.....
Sssstttt.....sini aku kasih tau.....
Jaga baik2 dirimu.....!!!!
Karena tulisannya membuat orang ketagihan, seperti candu.....

Note : sebenernya tulisan ini mo gw posting semalem. Tapi karena signal buruk jadi gagal maning gagal maning. Makanya baru bisa diposting pagi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar