Senin, 10 Mei 2010

Swimming Time

Hari Sabtu kemarin, akhirnya niat ngajakin Zahia berenang terealisasi juga. Sebelumnya, di Bintulu, sejak umur 1 taun, Zahia udah kami cemplungkan ke kolam renang. 2 bulan semenjak migrasi ke Miri, ada ajah yang bikin kami gagal maning gagal maning untuk pergi berenang, mulai dari alasan standar dimana laki gw super duper sibuk, alasan dodol seperti Ayah ngaku belum tau dimana letak kolam renang awam [makanya nanya atuh Yah!], dan beribu2 alasan lainnya yang kadang2 bikin gw senewen. Bukannya apa2, nelongso gw ngeliat Zahia, yang setiap nonton Barney dan ada adegan berenang, tu bocah langsung ngacir ke kamar, mengambil ban pinkynya dan bikini. Kalo udah dipakein tu bikini, langsung deh tangannya digerak2in dengan hebohnya di depan dada, menyerupai orang berenang gaya bebas. Wadoohhh, cucian deh kamyu Nak.

Kami berangkat pukul 4 pm [Uti diajakin ga mo ikut karena mo beberes ajah di rumah], setelah sholat ashar, packing perlengkapan renang Ayah & Zahia beserta baju gantinya, peralatan mandi, dan bikin roti 3 tangkap untuk bekal. Ga sampe setengah jam, tibalah kami di tempat yang sangat diidam2kan oleh Zahia. Wuih, excited banget deh pokonya Nona Manis anak AyBun itu. Begitu liat kolam, penuh dengan air [iyalah Bun, masa penuh duren], masih berpakain lengkap bawaannya udah pengen nyemplung. Dengan dibantu Ayah untuk megangin Zahia, selesai juga rituil mengganti baju dengan swim suit, serta tidak lupa mengoleskan lotion ke seluruh badan Zahia. Kalo Ayahnya mah tinggal perosotin celana soalnya dari rumah udah di double pake celana renang. 1.....2.....3.....byuuuurrrrr!! Seekor ikan paus jantan dan anak gadisnya kembali ke habitat. Giliran gw yang siap2 menjalankan tugas sebagai paparazzi dari Majalah Kuncung.

Kolam Renang Awam Miri memiliki 3 buah kolam. Yang 1 khusus untuk baby, dengan kedalaman ± 60 cm. Halah, pantesan ajah Zahia ogah disuruh kecipak-kecipuk, dan lebih memilih jalan mengelilingi kolam. Kolam yang di tengah khusus dewasa. Kedalamannya bergradasi, mulai dari 1,5 m ampe 3 m [kalo ga salah, soalnya Ayah ga liat tulisan yang ada di tembok dengan jelas, hanya menggunakan ilmu kira2 ajah]. Kolam yang ke-3, yang dipagari, adalah kolam khusus anak2 peserta les berenang dan murid2 sekolah yang sedang mengambil kegiatan ekstrakurikuler.

Dilihat dari ukuran, jelas kolam yang di Bintulu lebih besar. Ayah ajah butuh napas buatan dari Jeng Soes, Sang Putri Duyung, kalo renang tawaf 7x bolak-balik, dikarenakan kolamnya luas banget. Tapi di Bintulu cuma ada 2 kolam. Tiket masuknya pun lebih mahal. Di Miri, orang dewasa dikenakan charge 1 RM, baby dan anak2 50 sen, sedangkan tukang antar dan pemandu sorak ga perlu mbayar. Kalo di Bintulu, harganya 2x lipat dari charge di Miri. Lumajan kan bo setiap renang hemat 1 RM 50 sen, bisa buat beli kangkung 3 ikat. Selain itu, di Kolam Renang Awam Miri, banyak terdapat kursi2 plastik dan meja kayu dengan naungan atap payung2an dari kayu dan seng, untuk tempat para pengantar / penunggu seperti gw. Senangnya ga kepanasan. Kalo di Bintulu mah cuma ada kursi panjang dari kayu 2 biji. Kita kesorean dateng, kursi tersebut udah ditempati orang, sehingga kita harus berdiri ketika menunggu.

Biasanya, selama di Bintulu, Zahia selalu menjadi peserta termungil dan terkecil. Kali ini, kedudukannya menjadi no.2 karena ada juga baby yang berusia 2 bulan lebih muda dari Zahia, tapi dengan ukuran tubuh lebih besar [hiks!!], berenang dengan emaknya. Kemajuan apa yang diraih Zahia dalam session hari ini? Zahia udah bisa dilepas sama Ayahnya. Jadi Ayahnya sengaja ga megangin Zahia. Nah, Zahia dengan semangat langsung ngejar2 Ayah. Kadang berenang, kadang berjalan. Ayah juga mengajak Zahia berkeliling kolam. Tujuan utamanya adalah dengan membuat Zahia cape diharapkan tar sampe rumah makannya bisa banyak. Tapi apa boleh dikata, cape iya, makan mah teteup susyeee.



Hayo tebak berapa lama Zahia ngetem di kolam? Hohohoho, ga lama ko, 45 menit ajah! Ampe jari2 tangan dan kakinya kisut. Itupun keluar dari kolam pake acara ngamuk dan kudu ditarik oleh 2 orang dewasa. Ok ok, gw tau harusnya ga boleh maksa kaya gituh ke anak, tapi gimana lagi dunks. Zahia dibujuk rayu, ga mempan. Diiming2i bakalan dikasih kerupuk, diacuhkan. Dijanjikan mo diajak main mobil2an yang pake koin, tidak diindahkan. So terpaksa lah dengan cara preman. Zahia mandi di pancuran dengan Ayah [eits, jangan parno dulu! Laki gw nya mah kaga ikutan mandi berbugil2 ria di depan khalayak ramai], sedangkan Bunda berperan sebagai helper yang menyediakan sabun, shampoo, dan handuk. WHAT, MANA HANDUKNYA?? Ohmigod, ternyata eh ternyata gw lupa kaga bawa handuk!! Ok, otak brilian gw langsung bekerja. Habis mandi, Zahia gw balut dengan jubah renang bergambar strawberi pemberian dari Uti, yang sumpah deh keren banget tapi ga menyerap air. Abis itu, untuk menghilangkan tetes2 air yang masih menempel di tubuh Zahia, Bunda menggunakan baju yang tadi Zahia pake [untungnya ga kelupaan bawa baju ganti].

Selesai juga acara dandannya. Zahia sekarang rapi jali, dengan kecantikan memancar ke segala penjuru, dan harum mewangi semerbak sepanjang hari. Ya sud, gw pun merapihkan segala tetek-bengek yang tersebar dimana2. Pas lagi sibuk2 gituh, langsung lah gw sadar kalo Zahia kaga ada di sekittar. Oalala Nduk, dirimyu udah standby di tepi kolam dan siap untuk menceburkan diri [lagi??], untung Bunda berhasil mencegah tindakan tersebut. Telat dikit ajah gw bisa kena gorok sama Ayahnya.

Sambil menunggu hubby yang masih memuaskan naluri piscesnya, gw ngerumpi2 dengan remaja putri alias ABG berusia 19 taun yang lagi nungguin adik2nya berenang. 25 menit kemudian, di sela2 obrolan cerdas gw dengan remaja tersebut, mengenai kontes bayi sehat dan asal muasal Bahasa Melayu di Malaysia dan Indonesia, laki gw ga ujug2 nongol. Langsung gw berikan sandal jepit, peralatan mandi, dan baju ganti, minus handuk pastinya. Ga lama, Ayah pun kelar. Nah, sekarang Ayah udah ganteng lagi, dan kami bersiap2 untuk cabut [oya, gw sempat bertukaran nomor telepon dengan ABG itu, sapa tau ibunya ato dia niat mo beli batik2 jualan gw].

Pas keluar, ternyata ga jauh dari kolam renang ada sebuah danau buatan, dengan jembatan dan kursi2 cantik di pinggirannya. Kami bersantai2 dulu disana, sambil menikmati roti bekel dari rumah. Zahia heboh ngelemparin rotinya ke ikan [di kolamnya banyak ikan, pantesan ada sign board dilarang memancing]. Ga jauh dari situ, ada stadion dengan lintasan lari, dan aktivitas2 olahraga lainnya. Dasar ndeso, setelah sekian lama berjalan2 disitu dan menemukan map, kami baru ‘ngeh’ kalo kawasan yang bernama Miri City Fan ini memang dibangun oleh Kerajaan untuk aktivitas2 olahraga dan refreshing. Pantesan ajah tamannya ada 6 biji, yaitu: Garden of Vision, Islamic Garden, Botanical Ethnic Garden, Formal Garden, Chinese Garden, Health Garden (yang kami kunjungi baru 2, itupun yang 1 selewatan ajah). Terus disini juga ada air mancur menari, dan gedung besar yang baru kami ketahui bahwa itu adalah perpustakaan. Wah wah wah, jadi pengen kesini lagi, ato gw jadikan program rutin 2 minggu sekali bagi keluargazulfadhli. Bukannya apa2, bisa olahraga sambil berekreasi dengan keluarga di tempat yang indah, bersih, dan berfasilitas lengkap tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal, alangkah mantapnya bukan?



Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 6 pm lewat 15 menit. Perut pun mulai bernyanyi medley. Ya sud kami pun langsung kabur, karena takut kelewatan magrib. Hadoh, Zahia pake acara nangis ga mau masuk mobil pula! Udah berhasil gw masukkin ke mobil, makin ngamuk goyang2in kepala dan badannya ampe akhirnya kejedot kaca. Ya ampyun Nak, tambah besar ko malah tambah keras kepala seh Sayang? Ketauan banget jarang diajakin jalan2 sama AyBun nya hehehe. Ocreh deh Temans, sekian dulu liputannya. Walopun siaran tunda tapi teteup hangat kan beritanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar