Selasa, 15 Juni 2010

Ular Ohhhh Ular

4 hari gw kaga menggauli internet. Alasan pertama, gw sedang dalam masa menenangkan diri setelah kejadian Zahia kesedak hari Jum’at kemaren. Alesan berikutnya adalah laki gw baru balik dinas luar hari Sabtu sore, dan baru berangkat ke camp lagi tadi pagi (Senen kerja di HQ). So, sebagai istri sholehah dan gemar menabung, selama laki standby di rumah, gw sibuk masak2, mulai dari makanan berat seperti ikan merah asam pedas, cumi masak hitam, sayur paria + teri [kalo ini emak gw yang masak], sampai cemilan, yaitu pangsit isi ayam + wortel, onde2, dan es markisa + selasih. Selain masak, u know lah hai kerjaan emak2 kaga pernah ada abisnya, yang nyuci, nyetrika, beberes rumah, ngurus anak, nenein anak, nenenin Ayahnya [sensor!!]. Nah karena hari ini Abang udah cabs lagi ke camp, dan Zahia udah grok2 dengan sukses, gw bisa leluasa rumpi2 dan bewe ke tempat Temans, plus ngebales komen di postingan yang lalu. Otreh deh, gw akan mulai rumpiannya.


Sabtu malam, di peraduan beralaskan seprei warna coklat bunga2, gw cerita ke Abang kronologis Zahia tersedak pear. Abang agak2 shocked gituh deh, keliatan dari tampangnya yang tegang waktu denger cerita gw [ato doski tegang gara2 kepengen boker yah??]. Setelah itu gantian Abang yang cerita kejadian Beliau ketemu ular. Sekali lagi gw ulang yah: ULAR, keluarga reptil bangsa Squamata yang jangankan ngeliat, ngedenger namanya disebut ajah udah bikin bulu kuduk gw merinding jabrik. Jadi begini ceritanya. Hari Jum’at, Abang QC di lapangan (baca: block) setengah hari dulu ampe jam 11 am, abis itu seperti biasa QC nya dilanjutin lagi selesai sholat. Pulang dari block, nyampe di mess, buka pintu kamar, tiba2 Abang ngeliat ada sesuatu ngejogrok di lantai, warna item, panjangnya 2 meter, dengan diameter 3x donutnya JCo digabung jadi satu [yang gede loh, bukan mini donut], lagi asyik jalan2 santai. Karena belom begitu ‘ngeh’ makhluk apa gerangan itu, Abang ngedeketin supaya bisa ngeliat lebih jelas, dan Sang ular yang kaget karena acara JJSnya menjadi terganggu, langsung berdiri dengan kepala siaga. Laki gw detik itu juga tanpa ragu mengambil langkah sepuluh ribu dapet tiga [hihihi emang beli kolor], ketika nyadar bahwa makhluk itu adalah ular. Di luar, Abang minta penjaga mess untuk ngeluarin tu ular. Penjaga mess dengan takut2, buka pintu pelan2, lalu masuk ke dalam kamar. Loh ko kosong, ga ada sesuatu yang mencurigakan? Ternyata eh ternyata Sang Ular udah keburu ngabur entah kemana.


Mendengar cerita Abang, gw kasih komen “Ko bisa di hari yang sama Yah dengan Zahia keselek? Jangan2 ular itu pertanda ada sesuatu yang ga baik”. Laki gw dengan berapi2 menjawab “Ya ampyun Bunda ko percaya sama tahayul. Apa coba hubungannya? Lagian ularnya juga diem ajah, ga ngasih tanda, sandi, ato aba2 apapun. Via sms pun ga”. GUBRAG!!! Dasar laki gw, diajak ngobrol serius eh malah bercanda. Ga tau apa orang lagi tegangan tinggi karena jably seminggu ga ketemu?!?! [lho??????]. Tapi sekali lagi gw bersyukur bahwa Allah masih menyelamatkan keluarga gw. Kaga kebayang deh kalo misalnya tu ular maennya malem hari, saat Abang lagi grok2 dan melukis peta di bantal dengan ilernya [piss Hon. Akyu bercanda koq. Dirimyu kan ga pernah ileran, paling ngompol]. Hiiiiiyyyy, ngeriiiiiiii! Jangan sampe deh, nauzubillah min dzalik!! Amit2 jabang beibeh!!!


Ngemeng2 tentang ular, Alhamdulillah selama gw kerja dulu di hutan belantara Pulau Sumatera dan Kalimantan, ga pernah sekalipun gw ketemu ular, baik bertatap muka langsung lalu mengobrol2 mesra, ato sekedar say hello. Begitu juga dengan laki gw, kejadian kemaren adalah yang pertama kali. Padahal gw kerjanya ga ngendon di kantor doang, tapi ngecek tanaman di lapangan juga. Kalo temen2 gw ada seh yang pernah ketemu. Rata2 adegan ketemunya itu, menurut pengakuan mereka, ga seperti saat ketemu pacar sehingga menimbulkan perasaan yang berbunga2 karena dimabuk asrama, eh asmara. Ato perasaan orang yang hepi berat karena lagi tanggal tua, bokek ga ketulungan, tiba2 dapet kabar dari bagian keuangan kalo duit SPPD nya bisa diambil detik itu juga. Perasaan mereka saat ketemu ular pada umumnya sama: ngeri,panik, tegang, jantung berdebar kencang, keluar keringet segede2 pepaya, secepat kilat mengganti peran dari seorang asisten lapangan menjadi atlet sprinter dunia yang lagi ikut olimpiade. Pada sebagian orang efeknya sangat parah, bisa merangsang keluarnya air seni, ato kotoran kelas berat lainnya (baca: pup), di tempat kejadian perkara, seketika itu.


Ada 2 cerita temen gw yang pernah bersua dengan ular, dan selalu terekam dalam ingatan gw, saking mengerikannya. Seorang Kaka senior GT [gw GT batch 4, dia batch 2], Bang Hendri Pangaribuan namanya, ditempatkan di Sebakis Camp, Nunukan, Kaltim [silahkan bagi yang penasaran cari di peta. Moga2 ajah ketemu], sebagai asisten plantation. Suatu hari di pagi nan indah permai, Bang Hendri ngawasin pekerja yang sedang membasmi gulma dengan menyemprotkan pestisida, istilah kehutanannya chemical weeding. Sekitar jam 9-nan, pekerja yang berjumlah sekitar 10 orang mendengar suara “ngik….ngik…..ngik”, sayup2. Awalnya mereka cuek bebek dan tetep fokus pada pekerjaan. Ternyata, sampe pekerja istirahat jam 11, suara itu masih terus terdengar. Karena penasaran, mereka mencari dari mana suara tersebut berasal. Ketika sampai di lebung [block / areal kerja tuh seperti gunung, naik turun, bukannya datar2 ajah. Kalo di gunung ada lembah, itulah yang disebut dengan lebung], suara semakin terdengar jelas. Beberapa orang turun ke lebung dan mendekati sumber suara. Tak dinyana tak diduga, dari balik rimbunan semak2, mereka melihat seekor ular yang sangat besaaaar, panjang 5 meter, diameter sebesar paha orang dewasa, sedang memakan kancil. Suara “ngik….ngik….ngik” yang dari tadi mereka dengar adalah suara dari kancil naas tersebut. Kancil itu belum sepenuhnya masuk ke tubuh ular, kedua kakinya masih berada di luar mulut pemangsanya. Pekerja pun dengan hati2 melumpuhkan ular, memakai peralatan seadanya, yaitu parang. Ya Allah, syukur banget ular yang kelaparan itu menemukan kancil untuk jadi menu sarapannya, karena kalo ga bisa jadi salah satu pekerja menjadi korban.


Setelah ular berhasil dibunuh, pekerja yang seluruhnya adalah orang dayak, dengan semangat reformasi menggotong tubuh ular, dan diluruskan di pinggir jalan. Ular dikuliti, tubuhnya dipotong2, lalu dibagikan. Tidak lupa Sang Kancil pun dimutilasi. Bang Hendri sendiri ikut kebagian jakat fitrah. Jadilah malam itu mereka berpesta di camp. Menunya: sate ular, sup ular, ular goreng tepung, rendang ular, ular masak kecap, ular tangga pajangnya bukan kepalang [eh ini mah lagu], plus sate kancil. Mmmmm, yummy. Ada yang mo icip2? Kalo gw keburu kenyang dengernya. Oya, sayangnya momen makan2 yang indah dan seru ini tidak diabadikan, sehingga gw kaga bisa pajang poto2nya. Kalo poto dan video penangkapan ularnya ada, tapi akibat kedodolan gw dimana pas gw resign ga semua poto2 disave ke dalam flashdisk, maka hilanglah sudah barang bukti. Bagi yang menemukan plizz jangan disebar-luaskan, kasian tar video Ariel-LunMay kalah pamor.


Cerita berikutnya yang ga kalah mengerikan, dialami oleh Aa Hils, yang juga senior GT gw, tapi ditempatkan di Sesayap Camp. Waktu itu, mereka mo buka lahan (baca: Land Clearing). Seorang operator alat berat (eksavator) sedang menunaikan tugasnya dengan baik dan benar agar dapat menjadi operator yang mabrur. Tiba2 tu orang menemukan …… eng-ing-eng……. Telur. Bukan sebiji, tapi setengah lusin lebih 2 ons. Bukan telur ayam, telur kodok, apa lagi telur mata sapi, melainkan telur ular. Hih, tau dari mana ente itu telur ular? Sebab emaknya ada disono. Lagi nangkring dengan mata terpejam. Ularnya lebih horor daripada ular di camp Sebakis. Panjang 7 meter, coz waktu diangkat dengan eksavator, direntang ampe tu tangan eksavatornya hampir lurus, ularnya cuma selisih beberapa centi ajah dari tanah [kata laki gw kalo tangan eksavator lurus 180 derajat kira2 jaraknya 7 meter-an]. Diameternya 1,5x dari paha orang dewasa yang obesitas. Langsung Estate Manager memberikan sabda “Pecahkan telur2nya. Bunuh emaknya. Cari pasangannya”. Emang sadis bo kedengerannya, tapi ini kan demi kemaslahatan umat. Kebayang dunks induk ayam ajah kalo lagi bertelur galaknya setengah mati, kalo kita deketin pasti dengan penuh dendam induk ayam akan matokkin kita, gimana induk ular. Yang parahnya lagi, pasangan hidupnya, entah suami resmi ato bapak biologis dari telur2nya itu, lagi kelayapan ketempat yang hanya beliau dan Tuhan yang tau. Dan sayang seribu sayang pejantan tangguh itu tidak berhasil ditemukan. Sekali lagi, akibat dari kedodolan gw, poto2 ibu beranak tersebut kaga gw save waktu gw resign. Tar lah bagi yang penasaran gw akan coba hubungi Aa Hils di pedalam Irian sana [udah keluar SK belum Aa?], ato temen2 sekantor lainnya, sapa tau masih nyimpen tu poto.


Well, demikian dongeng dini hari dari gw. Pesan moralnya adalah silahkan mulai sekarang latihan lari dengan rutin, minimal mueterin rumah 7x. Sapa tau berguna jika suatu saat ketemu sama sesuatu yang bikin parno seperti gajah, singa, beruang, ato debt collector. Okeh deh, sekian dulu Temans. Mata gw dah sepet. Mo kebo dulu ah. Have a nice dream yah semuanya.


NB: Ada yang tau ga seh kenapa udah 2x postingan, di layar kalo mo New Post cuma nongol fungsi2 untuk: bold, italic, link, blockquote, check spelling, add poto, dan add video. Kenapa yah fungsi lainnya seperti buat ngelurusin paragraf dll kaga nongol? Please somebody explain to me atuh kenapa bisa begini kenapa bisa begituh. Tengkiu somad yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar