Kamis, 01 Desember 2011

Melahirkan ... Murah Dimana Say??

Sebelom mulai acara ngerumpi berjamaah pada pagi nan cerah merekah, ekye mo ngucapin met milad buat blog keluargazuladhli yang ke-2, tanggal 29 November lalu. Kalo ultah pertama dirayakan dengan membuat postingan panjang kali lebar kali tinggi, plus bagi2 duren montok ke tetangga, ultah ke-2 ini kami tidak membuat perayaan spesial, hanya kembali mengganti baju [thanks buat Bang Atta yang udah bersedia bikin blog kami tambah kece tanpa meminta tumbal apapun]. Semoga dengan penampilan baru, gw dan Om Zul semakin bergairah dan semangat membara untuk menulis, membuat postingan bermutu tinggi, yang bisa membebaskan umat dari kebodohan. Amien.

Okeh, tariiikkk maaannngg. Langsung menuju pokok pembahasan, yaitu mengenai biaya berojolan. Duluuuuu, sekitar 5 abad sebelum masehi, para emak2 bunting di muka bumi belumlah memiliki pilihan ketika akan beranak. Nenek gw cerita, 7 orang anaknya (ini yang idup yah, karena ada juga yang meninggal waktu masih baby + beberapa kali keguguran), semua lahir secara normal. Meski ada yang posisinya salto, kopral, sungsang, kelibet tali pusar, tapi teteup lahir normal. Lewat veggie, karena ga mungkin lewat lobang idung ato telinga. Maka dari itu, jaman doeloe, ga hermansyah jikalau profesi sebagai paraji or dukun beranak sangatlah fenomenal dan mejanjikan, menggeser kedudukan tukang ojeg gendong ato politisi. Bahkan setelah Belanda dan Jepang hengkang dari negeri tercintah, paraji masih menjadi paporit masyarakat.

Bersyukurlah kaum perempuan yang idup di masa ketika ilmu kedokteran sudah semakin maju. Bayi masih ngendon di dalem perut, Mamake dan Bapake udah bisa ngintip onderdil perangnya, apakah punya senapan (baca: laki2) ato tempatnya doang (baca: perempuan). Kita juga bisa memantau apakah ada kelainan ato tidak dengan jabang beibeh. Tentunya semua itu berkat kecanggihan alat USG. Begitu juga dengan proses melahirkan. Berhari2 pembukaan tak jua bertambah? Punya penyakit hipertensi? Ada komlikasi pre-eklampsia? Ukuran baby super duper jumbo? Posisi bayi sungsang? Gagal berojol dengan induksi, voceps, vakum, pacul, sekop, serta alat bantu persalinan laennya? Kepengen pilih tanggal cantik? Ato sekedar mempertahankan veggie teteup rapet jali bin kinclong? Semua beres Bu, pilihan caesarian tebentang di depan mata. Caranya pun beraneka ragam, mulai dari SC jenis konvensional (klasik) ampe yang pake laser. Tergantung keinginan Bu Bunting dan kemampuan kantong [Bibi gw ngelahirin anak ke-2 milih operasi caesar pake laser bayar 20 jeti. Dooohhh mehong amith!].

Pengalaman Jeng Soes sendiri gimandang? Pan yey pernah ngerasain dua2nya, di SC dan normal?! Sejujurnya, meski ibarat pepatah bersenang2 dahulu bersakit2 kemudian, gw lebih ‘nyaman’ dioperasi dibandingkan berojolan normal. Hehehe, gw agak trauma dengan proses ngelahirin Zafira, dimana 8 hari kudu check-in di hospital (tanggal 19-21 di ward 12 saat gw bleeding; 21-23 di ward anak saat Zafira jaundice; 23-26 urusan buka-tutup-obras&jait ulang jaitan). Penyebabnya :

∞ Pasca melahirkan ekye bleeding ampe 1500 cc, sampe harus ditransfusi darah 3 pack karena Hb turun menjadi 7. FYI Hb wanita dewasa normal berkisar 12-16 gram/dl .

∞ 3 hari kemudian terjadi episiotomy wound breakdown 2 degree, dimana pada jaitan keluar nanah sehingga Dokter membuka dan menjait ulang veggie.

∞ Belom lagi proses penyembuhan luka yang memakan waktu 2,5 bulan disebabkan ada bagian sekitar 1 cm tepat di bawah lubang meki yang koyak dagingnya [mirip kornet], sehingga Dokter kaga ngejait tu bagian. Doski bilang biarkan daging recovery dengan sendirinya, walopun emang butuh waktu cukup lama untuk bisa menutup seperti sedia kala.

∞ 3,5 bulan setelah melahirkan gw melakukan papsmear (29 November kemaren), ternyata eh ternyata peranakan gw turun. Istilahnya prolapsus uteri. Derajat pertama. Buat emak2 yang belom tau, kondisi kelemahan otot yang berfungsi sebagai penunjang rahim diklasifikasikan dalam 4 tingkatan.

1. Derajat pertama. Leher rahim turun ke dalam veggie.
2. Derajat kedua. Leher rahim menempel pada pembukaan veggie.
3. Derajat ketiga. Leher rahim berada di luar veggie.
4. Derajat keempat. Rahim berada di luar vagina, disebut procidentia.

Tapi gw belom tau langkah pengobatan lanjutannya seperti apa, karena baru minggu depan gw ketemuan sama Dokter pakar. Doakan ekye penonton!

Sewaktu operasi SC sewaktu ngeluarin Zahia yang posisinya sungsang, Alhamdulillah berlangsung dengan lancar jaya, aman terkendali, damai sejahtera. Jam 00.45 am Zahia lahir. Jam 3 subuh bius ilang, senut2 maknyus di perut terasa nikmat sekali. Jam 6 pagi gw hajar untuk belajar duduk di tempat tidur, jalan tertatih dengan badan terbongkok2. Jam 10 gw udah bisa jalan dari ward tempat emak2 habis melahirkan berada menuju SCN (Special Care Nursery). Yup, karena premature jadi Zahia ditahan dulu di SCN. Jaraknya sekitar 300 meter. Keesokan siang gw check-out dari hospital. Seminggu kemudian, saat gw ngelepas benang di perut, Dokter menyatakan lukanya udah kering.

Okeh. Sekarang saatnya ngomongin biaya. Secara company tempat Om Zul membanting tulang kaga mengganti biaya melahirkan, maka gw memilih berojol di Government Hospital (kalo di Indonesia mah RSUD), kamar kelas 3 (1 ruangan terdapat 6 tempat tidur). Harganya lumajan murah, terjangkau oleh kami. Lagipula disini RS Swasta ga kaya di Indoensia bertebaran dimana2. Di Miri, hospital dan klinik swasta khsus untuk bersalin hanya ada 3 biji. Tapi sumpe deh penonton, meski RSUD, pelayanan dan fasiltasnya jauuuuuhhhh berbeze sama RSUD di tanah aer. Ga ada tuh kasus bayi ditahan karena orang tuanya belom / kaga mampu bayar ongkos RumKit. Bahkan disini boleh loh ngutang dulu. Waktu jaman Zahia, kami ngutang 1 bulan ke hospital, nunggu Om Zul gajian baru dibayar. Syaratnya hanya memberi surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan bahwa Pak Zulfadhli memang merupakan pegawai resmi dari PT. Gundal Gandul.

Oktober 2008. Hospital Nyabau, Bintulu

Jenis Caesarian : Klasikal

Total biaya : RM 1.572 dengan perincian sbb

• Room → RM 40 x 4 hari = RM 160
(gw masuk hospital tanggal 15/10 malem akibat ketuban pecah, melahirkan tanggal 17/10, discharge tanggal 18/10)
• Rawatan → RM 10 x 4 hari = RM 40
• Pembedahan → RM 1.000
• Radiologi → RM 50
• Makmal (pemeriksaan laboratorium) → RM 262
• Biaya laen2 (lupa apa ajah itemnya) → RM 60

Agustus 2011. Hospital Miri

Jenis Kelahiran Spontan : Sefalik

Total biaya : RM 980 dengan perincian sbb

• Room + Rawatan → RM 50 x 2 hari = RM 100
• Radiologi → RM 100
• Makmal →RM 280
• Biaya beralin → RM 500

Note :

@ Untuk biaya episiotomy wound breakdown gw lupa rinciannya, karena bill asli langsung dikirim laki gw ke pihak asuransi [meski pada akhirnya kaga bisa direimburse karena masih berhubungan dengan melahirkan. Hiks!]. Total 590 RM.

@ Biaya perawatan jaundice Zafira selama 3 hari adalah 70 RM.

@ Bagi orang tempatan (baca: Malaysian), biaya melahirkan murah meriah karena dijamin Kerajaan.

Contoh : Emak2 sebelah katil (baca: tempat tidur) gw cuma bayar 7 RM. Doski 2 hari di hospital, melahirkan normal, pulangnya dikasih juga vitamin dan obat2an

Contoh lagi : Tetangga melahirkan caesar, dirawat 3 hari, dibekelin obat2an untuk 2 minggu, hanya bayar 50 RM sajah. Hihihi, ga nyampe 150 rebu buat biaya sesar? Dooohhh di Indonesia jangan harap. Bagai mimpi di siang bolong Ceu!

So, kira2 lebih murah melahirkan dimana yah, di Indonesia ato Malaysia? Gimana dengan pengalaman Temans??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar